Selasa, 11 September 2012

Laporan Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Suharsimi Arikunto)


BAB I
PENDAHULUAN

Laporan buku (Book Report) yang berjudul DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisi Revisi) adalah suatu buku yang dapat membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran serta target atau tujuan pembelajaran yang akan diperoleh.  buku ini pun merupakan referensi bagi pengajar maupun mahasiswa sarjana pendidikan sebagai tuntutan profesionalitasnya sebagai seorang guru dan calon guru dalam melakukan proses penilaian pengajaran. Namun, pada saat itu tidak sedikit pengajar yang belum memiliki buku pedoman penilaian bahkan belum mempelajari buku tersebut, sehingga penulis berpikir untuk menulis buku yang dapat digunakan oleh guru maupun calon guru untuk menerapkan pedoman penilaian dalam proses pengajaran. Karena itu buku ini berisi pengetahuan dasar-dasar evaluasi yang harus dimiliki dan diimplementasikan oleh seorang guru yang menjadi acuan atau sumber dalam melakukan tes, pengukuran dan penilaian terhadap proses dan hasil belajar mengajar, maka berdasarkan paparan tadi yang menjadi alasan atau dasar saya mengambil judul buku ini untuk dijadikan laporan buku (Book Report).
Buku DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisi Revisi), ditulis oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, seorang dosen di FIP-IKIP Negeri Yogyakarta sekaligus staf Peneliti di Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta serta bekerja sebagai pengajar SPG dikala itu. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1975 dan mengalami cetak ulang sebanyak sepuluh kalilalu kembali dicetak ulang sebagai edisi revisi pada tahun 2009. Buku ini diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara yang beralamat di Jalan Sawo Raya No. 18 Jakarta 13220 dan memiliki ISBN 979-526-467-2 bersampul hijau muda. Buku ini berisi 19 Bab setiap Bab terdiri dari sedikitnya 2 sub bahasan dan paling banyak 7 sub bahasan, disertai dengan evalusi materi untuk setiap babnya serta mempunyai tebal halaman 308 lembar.
Buku yang mengalami cetak ulang sebelas kali ini membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan yang meliputi proses pengukuran dan penilaian hasil belajar mengajar. Buku ini ditulis karena meyesuaikan dengan diberlakukannya Kurikulum Tahun 1975 yang sudah dilengkapi dengan Buku Pedoman Penilaian.
Mengkaji tentang isi dari buku ini penulis rasakan sangat banyak manfaatnya bagi siapapun yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dewasa ini khususnya guru, terlebih  bagi mahasiswa Pascasarjana STKIP Pasundan Cimahi, sebab syarat dengan nilai-nilai pedagogis yang penting untuk dijadikan acuan/sumber dalam melaksanakan praktisi pengajaran di sekolah.
Adapun secara rincinya manfaat pembuatan laporan ini antara lain:
1.        Melatih mahasiswa dalam membuat Karya Ilmiah.
2.        Meluruskan dan melengkapi pemahaman mahasiswa  tentang pengetahuan dasar-dasar evaluasi.
3.        Menjadi acuan untuk dapat menjawab soal-soal ujian akhir semester (UAS).
4.        Menambah pengetahuan yang sangat berharga bagi seorang mahasiswa.
5.        Memberikan Inspirasi dalam upaya menjawab permasalahan-permasalahan dalam melakukan tes, pengukuran dan penilaian terhadap proses dan hasil kegiatan belajar mengajar.
Dengan segala keterbatasan yang ada berupaya semaksimal mungkin membuat laporan buku yang ditugaskan oleh Dr. H. Arnie Fajar, beliau adalah seorang dosen kharismatik yang pada semester tiga ini memberikan mata kuliah Evaluasi Pendidikan IPS, mudah–mudahan laporan buku (Book Report) yang penulis sajikan dapat bermanfaat dalam upaya peningkatan wawasan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan hukum, sehingga dapat dijadikan acuan/pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran di lembaga/sekolah yang dibina. Amien……
selanjutnya download didieu
tanda tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012. nsuparlan . All rights reserved | nsuparlan blog is proudly powered by Blogger.com | Template by rkartini -