Jumat, 14 September 2012

Nyobi-Nyobi

CURAT CORET KU
Saya mengenal kutawaringin hanya sebatas dua desa yaitu Desa Cibodas dan Desa Kutawaringin yang kebetulan saya merupakan staff pengajar di sebuah Madrasah Tsanawiyah At-Turmudzi Desa Cibodas Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.
Selama 5 tahun sampai dengan sekarang mengabdi disana banyak sekali pengalaman dan hal-hal yang tak akan pernah terlupakan, karena menurut saya daerah tersebut sangat kaya dengan segala hal mulai dari kebudayaan, sejarah, alam yang indah, sumber daya alam yang melimpah, penduduk yang dinamis dan lain sebagainya.
Desa Cibodas dan Desa Kutawaringin merupakan bagian kecamatan kutawaringin terbentuk dari hasil pemekaran kecamatan Soreang, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 18 Tahun 2007 tanggal 12 Desember 2007. Kecamatan Kutawaringin terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dengan luas wilayah yang mencapai 3/4 dari luas wilayah Kecamatan Soreang sebelum terjadi pemekaran. Kecamatan ini dibentuk dengan tujuan untuk menjadi "bumper" bagi Soreang sebagai ibu kota Kab. Bandung. Topografi wilayah ini cenderung berbukit-bukit di sebelah barat, sedangkan kawasan timurnya adalah dataran pesawahan yang cukup luas. Di Kecamatan Kutawaringin inilah terdapat stadion kebanggaan masyarakat Bandung, yaitu Stadion Si Jalak Harupat.
Mata pencaharian penduduknya sebagian besar dari pertanian (sawah dan berkebun). Daerah ini termasuk pemosok padi ke berbagai daerah, dari perkebunan yang menjadi andalannya yaitu pisang, ubi-ubian, cengkeh dan palawija. Penduduk sekitar sangat kreatif mengolah hasil penen kebunnya menjadi berbagai makanan khas sunda seperti dari pisang banyak yang dibuat sele dan dari ubi ada yang dibuat menjadi tape (peuyeum sampe) mereka jual ke berbagai daerah. Mata pencaharian lainnya adalah peternakan (sapi, domba, ayam), buruh bangunan yang handal, pembuat ancos, serta pemambang emas dll.
Tradisi yang selalu melekat akan pelestarian budaya adalah setiap hajatan selalu adanya kesenian daerahnya mulai dari wayang, kosidah, terbang, dangdut dan sebagainya. Serta kesenian adu domba yang selalu ada hampir setiap minggu.
Ada beberapa Cagar Budaya yang sampai sekarang masih terpelihara diantaranya :
- Dalem Abdurahman, berlokasi di Kp. Bojong Laja Desa Kutawaringin
- Makam Embah Jangkung, berlokasi di Kp. Bojong Laja Desa Kutawaringin
- Kutawaringin Gunung Halimun Batu Pangeon,berlokasi di Kp. Bojong Laja Desa Waringin
- Batu Bedil, berlokasi di Kp. Bojong Laja Desa kutawaringin
- Batu Caringin, berlokasi di Kp. Ciherang Desa Kutawaringin
- Makam Gunung Teja, berlokasi di Kp. Tegal Kumbang Desa Kutawaringin
- Makam Eyang Gajah Palembang
- Situs Sasak Rawayan
Bersambung........

tanda tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012. nsuparlan . All rights reserved | nsuparlan blog is proudly powered by Blogger.com | Template by rkartini -