BAB I
PENDAHULUAN
Laporan buku (Book Report) yang berjudul DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN
(Edisi Revisi) adalah suatu buku yang dapat membantu para guru atau
calon guru dalam proses belajar mengajar dan mengetahui hasil akhir yang
dicapai dari kegiatan pembelajaran serta target atau tujuan pembelajaran yang
akan diperoleh. buku
ini pun merupakan referensi bagi pengajar maupun mahasiswa sarjana pendidikan
sebagai tuntutan profesionalitasnya sebagai seorang guru dan calon guru dalam
melakukan proses penilaian pengajaran. Namun, pada saat itu tidak sedikit
pengajar yang belum memiliki buku pedoman penilaian bahkan belum mempelajari
buku tersebut, sehingga penulis berpikir untuk menulis buku yang dapat
digunakan oleh guru maupun calon guru untuk menerapkan pedoman penilaian dalam
proses pengajaran. Karena itu
buku ini berisi pengetahuan dasar-dasar evaluasi yang harus dimiliki dan
diimplementasikan oleh seorang guru yang menjadi acuan atau sumber dalam
melakukan tes, pengukuran dan penilaian terhadap proses dan hasil belajar
mengajar, maka berdasarkan paparan tadi yang menjadi alasan atau dasar saya
mengambil judul buku ini untuk dijadikan laporan buku (Book Report).
Buku DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisi Revisi), ditulis
oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, seorang dosen di FIP-IKIP Negeri Yogyakarta
sekaligus staf Peneliti di Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta serta bekerja
sebagai pengajar SPG dikala itu. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun
1975 dan mengalami cetak ulang sebanyak sepuluh kalilalu kembali dicetak ulang
sebagai edisi revisi pada tahun 2009. Buku ini diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara
yang beralamat di Jalan Sawo Raya No. 18 Jakarta 13220 dan memiliki ISBN 979-526-467-2
bersampul hijau muda. Buku ini berisi 19 Bab setiap Bab terdiri
dari sedikitnya 2 sub bahasan dan paling banyak 7 sub bahasan, disertai dengan
evalusi materi untuk setiap babnya serta mempunyai tebal halaman 308 lembar.
Buku yang mengalami cetak ulang sebelas kali
ini membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan yang
meliputi proses pengukuran dan penilaian hasil belajar mengajar. Buku ini
ditulis karena meyesuaikan dengan diberlakukannya Kurikulum Tahun 1975 yang
sudah dilengkapi dengan Buku Pedoman Penilaian.
Mengkaji tentang isi dari buku ini penulis rasakan sangat banyak
manfaatnya bagi siapapun yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dewasa ini
khususnya guru, terlebih bagi mahasiswa
Pascasarjana STKIP Pasundan Cimahi, sebab syarat dengan nilai-nilai pedagogis
yang penting untuk dijadikan acuan/sumber dalam melaksanakan praktisi
pengajaran di sekolah.
Adapun secara rincinya manfaat pembuatan laporan ini antara lain:
1.
Melatih
mahasiswa dalam membuat Karya Ilmiah.
2.
Meluruskan
dan melengkapi pemahaman mahasiswa
tentang pengetahuan dasar-dasar evaluasi.
3.
Menjadi
acuan untuk dapat menjawab soal-soal ujian akhir semester (UAS).
4.
Menambah
pengetahuan yang sangat berharga bagi seorang mahasiswa.
5.
Memberikan
Inspirasi dalam upaya menjawab permasalahan-permasalahan dalam melakukan tes,
pengukuran dan penilaian terhadap proses dan hasil kegiatan belajar mengajar.
Dengan segala keterbatasan yang ada berupaya
semaksimal mungkin membuat laporan buku yang ditugaskan oleh Dr. H. Arnie Fajar,
beliau adalah seorang dosen kharismatik yang pada semester tiga ini memberikan
mata kuliah Evaluasi Pendidikan IPS, mudah–mudahan laporan buku (Book Report)
yang penulis sajikan dapat bermanfaat dalam upaya peningkatan wawasan dalam
dunia pendidikan khususnya pendidikan hukum, sehingga dapat dijadikan
acuan/pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran di lembaga/sekolah yang
dibina. Amien……selanjutnya download didieu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar