Selasa, 11 September 2012

Evaluasi Implementasi

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Kegiatan sehari-hari kita tidak pernah terlepas dari menimbang, memilih, mengukur dan menilai apa yang akan dan telah kita lakukan. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik sesuai harapan. Kegiatan tersebut merupakan suatu proses evaluasi.
Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan membawa implikasi terhadap sistem penilaian, termasuk model dan teknik penilaian proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. 
Dunia pendidikan tidak akan terlepas dari evaluasi karena evaluasi merupakan suatu kegiatan yang sangat pentingnya sebagai tindak lanjut dari proses belajar siswa. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui sejauhmana tingkat pencapaian tujuan, kekuatan atau kelemahan siswa dalam belajar, dan kekuatan-kelemahan dalam proses belajar yang telah dikembangkan guru di kelas. Atas dasar informasi itulah guru kemudian dapat mengambil suatu keputusan untuk menentukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.
Tidak semua guru menyadari dan melakukan evaluasi yang menjadi salah satu tugas dari bagian tugas-tugas pokok seorang guru, ini terjadi karena berbagai hal seperti kurang pahamnya seorang guru tentang evaluasi pendidikan itu sendiri.
Atas dasar permasalahan diatas maka penyusun mencoba menulis tentang Evaluasi Implementasi yang merupakan suatu gambaran singkat tentang penerapan atau pelaksanakan evaluasi yang harus dikuasai oleh seorang guru dalam merencanakan, membuat perangkat evaluasi yang baik dan sistematis, sehingga apa yang akan dievaluasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Dengan melakukan evaluasi, kita bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa, dan dengan evaluasi pula kita akan dapat melakukan tindakan kepada siswa kearah perubahan menjadi lebih baik


B.       Permasalahan
Berdasarkan penjelasan pada latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana melaksanakan Evaluasi Pendidikan IPS dalam kegiatan belajar mengajar dilihat dari strategi, pendanaan, manajemen serta peraturan pendukung implementasi.

C.        Tujuan
Tujuan tim penyusun menulis dan menyusun makalah ini antara lain :
1.        Untuk mengetahui teori dan konsep evaluasi implementasi pendidikan IPS.
2.        Agar dapat menerapkan teknik, instrument, mekanisme dan prosedur evaluasi pendidikan IPS dalam kegiatan belajar mengajar.
3.     Agar dapat meningkatkan kompetensi guru sebagai tanggung jawab dari sebuah profesi.
4.   Sebagai bahan evaluasi diri sejauhmana ketercapai meteri perkuliahan evaluasi pendidikan IPS.
selanjutnya silahkan download  didieu
tanda tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012. nsuparlan . All rights reserved | nsuparlan blog is proudly powered by Blogger.com | Template by rkartini -