BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan sehari-hari kita tidak pernah
terlepas
dari menimbang, memilih, mengukur dan menilai apa yang akan dan telah kita
lakukan. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik
sesuai harapan. Kegiatan tersebut merupakan suatu proses evaluasi.
Implementasi
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan
Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan membawa
implikasi terhadap sistem penilaian,
termasuk model dan teknik penilaian proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh
pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah.
Dunia
pendidikan
tidak akan terlepas dari evaluasi karena evaluasi merupakan suatu kegiatan yang sangat pentingnya
sebagai tindak lanjut dari proses belajar siswa. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui
sejauhmana tingkat pencapaian tujuan, kekuatan atau kelemahan
siswa dalam belajar, dan kekuatan-kelemahan dalam proses belajar yang telah
dikembangkan guru di kelas. Atas dasar informasi itulah guru kemudian dapat
mengambil suatu keputusan untuk menentukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.
Tidak semua guru menyadari dan
melakukan evaluasi yang menjadi salah satu tugas dari bagian tugas-tugas pokok
seorang guru, ini terjadi karena berbagai hal seperti kurang pahamnya seorang
guru tentang evaluasi pendidikan itu sendiri.
Atas dasar permasalahan diatas maka
penyusun mencoba menulis tentang Evaluasi Implementasi yang merupakan suatu gambaran singkat tentang penerapan atau pelaksanakan evaluasi yang harus dikuasai oleh seorang
guru dalam merencanakan, membuat perangkat evaluasi
yang baik dan sistematis, sehingga apa yang akan dievaluasi dapat tercapai
dengan efektif dan efisien.
Dengan melakukan evaluasi, kita bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan
siswa, dan dengan
evaluasi pula kita akan dapat melakukan tindakan kepada siswa
kearah perubahan menjadi lebih baik
B. Permasalahan
Berdasarkan penjelasan pada latar
belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana melaksanakan Evaluasi Pendidikan IPS dalam kegiatan belajar
mengajar dilihat dari strategi, pendanaan, manajemen serta peraturan pendukung
implementasi.
C.
Tujuan
Tujuan tim penyusun menulis dan menyusun makalah ini antara lain :
1.
Untuk mengetahui teori dan
konsep evaluasi implementasi
pendidikan IPS.
2.
Agar dapat menerapkan teknik, instrument, mekanisme dan
prosedur evaluasi pendidikan IPS dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Agar dapat meningkatkan kompetensi guru sebagai
tanggung jawab dari sebuah profesi.
4. Sebagai bahan evaluasi diri sejauhmana ketercapai
meteri perkuliahan evaluasi pendidikan IPS.
selanjutnya silahkan download didieu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar